PERSEBAYA Surabaya

Menunggu Keputusan Manajemen

Nasib_Tony_Ho_Hengky_Oba

Rupanya rekor ciamik dan pundi-pundi prestasi yang dipersembahkan Tony Ho untuk Persebaya belum juga cukup. Banyak spekulasi berita media jika sohib karib mendiang Miroslav Janu ini bakal digantikan pelatih baru. Meskipun belum ada rilis resmi dari pengelola PERSEBAYA Surabaya media cetak dan online sudah berani untuk merumorkan kabar penggantian pelatih dan menyebutkan beberapa nama untuk pelatih PERSEBAYA Surabaya di ISL musim 2013/2014, di antaranya Jacksen Tiago.

Hingga saat berita ini dinaikkan, kontrak Tony Ho masih sebagai asisten pelatih dan berakhir hingga akhir Agustus 2013 lalu. Praktis saat PERSEBAYA Surabaya meraih gelar juara tanpa memiliki pelatih resmi. Dedikasi tinggi Tony Ho dalam melatih memicunya untuk mengambil tanggung jawab seperginya Janu, mengatur dan melecut tim laga demi laga.

Posisi resmi Tony Ho hingga akhir kontraknya Agustus 2013 adalah asisten pelatih, sepeninggal Janu kemudian menjadi caretaker, yang bekerja dengan beban dan target seperti pelatih kepala. Namun Tony berhasil membuktikan dirinya dengan melakoni 22 laga Divisi Utama tanpa tersentuh kekalahan. Menukil kata mutiara Johann Cruyff, legenda sepak bola Belanda “bahwa siapapun pelatih yang berhasil luput dari kekalahan lebih dari 10 laga, maka dia adalah pelatih hebat. Tony Ho melampaui lebih dari 2 kali lipat angka Johann Cruyff.

Opsi manajemen, juga Tony Ho hanya tersisa tiga: tetap menjadi asisten dengan pelatih baru, menjadi pelatih kepala, atau tidak sama sekali, jika pelatih baru datang satu paket dengan asistennya.

Sampai berita ini dirilis pemain dan seluruh komponen ofisial Persebaya masih menikmati kenangan kemenangan dalam liburan mereka. “Sekarang masih libur. Semuanya libur, saya, pemain dan coach Tony juga. Kami tinggal tunggu jadwal dari pengelola soal latihan atau laga uji coba,” ucap Hengky Oba, pelatih kiper Persebaya. Sama dengan Tony, Hengky Oba yang sukses mengasuh Bayu Cahyo dan Thomas Ryan ini sejatinya sudah lepas masa kontrak sejak akhir Agustus 2013 kemarin.

Ditanya lebih jauh soal kontrak kerjanya dan isu tentang akan didatangkannya pelatih kepala yang baru, Hengky Oba yang dulunya pernah merumput bersama PSM Makassar ini menyerahkan semua keputusan pada manajemen. “Saya dan coach Tony menyerahkan semuanya ke pengurus. Meski masih ingin di Persebaya tapi jika pengurus sudah tidak butuh jasa kita, kita mau apa,” imbuhnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

.