banner 728x250

Metode ideal untuk meningkatkan daya tahan tubuh

  • Share
banner 468x60

Persebaya.co.id – Daya tahan tubuh yang baik saat ini sangat dibutuhkan setiap orang. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai virus dan penyakit yang hinggap di dalam tubuh. Selain itu, daya tahan tubuh yang baik juga akan meningkatkan imunitas dan kebugaran. Tentu saja ini akan memberikan keuntungan yang sangat baik bagi kamu dalam melakukan berbagai aktivitas di dalam maupun luar ruangan. Kamu tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada banyak cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan, metode dan cara itu juga tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal sekalipun.

 

banner 336x280

6 cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa dicoba

Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara yang dilakukan juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh kamu. Biasanya masing-masing individu juga akan memiliki respon metabolisme yang sangat berbeda. Semakin baik kualitas dari cara atau metode yang dilakukan maka hal itu juga memberikan dampak yang sangat besar pada peningkatan imunitas tubuh. Hindari juga konsumsi berbagai nutrisi yang justru memberikan dampak buruk bagi imun pada tubuh. Berikut ini ada 6 cara ideal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti:

  1. Mengkonsumsi nutrisi kaya serat

Ini merupakan salah satu cara ideal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu harus mulai dengan mengkonsumsi nutrisi dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Nutrisi seperti ini juga memiliki manfaat yang penting karena bisa mencukupi seluruh kebutuhan karbohidrat. Serat yang baik juga merupakan salah satu sumber tenaga yang dibutuhkan setiap hari. Sumber serat ini bisa berasal dari kentang, umbi-umbian, kacang, sayuran dan lainnya. Hal yang paling penting tentu saja serat juga akan memaksimalkan fungsi dari sistem pencernaan. Pastikan juga bahwa kamu mengkonsumsi serat setiap hari secara rutin. Serat yang baik juga membuat imunitas tubuh terjaga sehingga bisa melakukan berbagai kegiatan di dalam maupun luar ruang.

  1. Hindari stress berlebihan

Daya tahan tubuh juga dipengaruhi oleh pikiran yang sangat baik. Kondisi seperti ini biasanya akan melibatkan pemikiran yang cenderung sangat positif. Kamu harus menghindari stress berlebihan setiap hari. Stress yang berlebihan memberikan dampak yang sangat buruk seperti kondisi kesehatan yang semakin menurun hingga membuat daya tahan tubuh juga terganggu. Bahkan, pada kondisi tertentu stress juga bisa mengakibatkan produksi asam lambung semakin meningkat. Hal ini yang membuat kamu semakin mudah memiliki penyakit maag. Cobalah untuk menghindari stress dengan mengurangi penggunaan sosial media atau mencoba berbagai kegiatan positif lainnya.

  1. Konsumsi makanan dengan vitamin tinggi

Daya tahan tubuh juga dipengaruh oleh konsumsi vitamin. Setiap hari kamu membutuhkan jumlah vitamin yang cukup tinggi. Cobalah untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin terbaik. Misalnya saja kamu bisa memulai mengkonsumsi sayuran dan buahan yang banyak memiliki vitamin C, D dan lainnya. Selain itu, konsumsi nutrisi seperti ini juga akan membantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang bugar dalam waktu yang cukup lama. Pastikan juga bahwa nutrisi yang kamu konsumsi menggunakan pengolahan yang baik. Sayuran hijau seperti sawi, bayam dan lainnya memang memiliki vitamin untuk mendukung daya tahan tubuh.

  1. Istirahat secukupnya

Meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa melalui istirahat yang cukup setiap hari. Metode seperti ini juga memberikan pengaruh terhadap kinerja dari metabolisme tubuh. Istirahat yang cukup menghindari kamu dari gangguan berbagai sistem dan produksi hormon. Bahkan, cara ini juga membuat kamu semakin mudah untuk mengatasi insomnia. CObalah terapkan waktu istirahat yang sangat ideal di malam hari. Biasanya kebutuhan istirahat pada tubuh mencapai 5-6 jam setiap hari. Hal yang paling penting adalah kualitas istirahat yang kamu dapatkan juga memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan mental. Kondisi seperti ini juga bisa mengatasi stress akibat pekerjaan yang menumpuk.

  1. Berolahraga secara rutin

Rekomendasi lain untuk meningkatkan imun pada tubuh tentu saja dengan mulai berolahraga. Saat ini ada banyak latihan fisik atau olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Fungsi utama dari olahraga tentu saja untuk menjaga kebugaran tubuh dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, olahraga yang rutin juga bisa mengeluarkan racun atau detoks melalui keringat. Semakin sering kamu berolahraga maka akan semakin banyak juga racun yang bisa dikeluarkan dari tubuh. Metode ini juga harus disesuaikan dengan asupan nutrisi setiap hari.

  1. Berjemur di pagi hari

Sebagian dokter menyarankan untuk berjemur di pagi hari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi vitamin D dan K. Selain itu, berjemur di pagi hari juga bisa meningkatkan imunitas dalam tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit atau virus. Biasanya waktu berjemur yang baik mulai dari jam 9-10 pagi.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *